Ingin menjadi pasangan suami istri yang harmonis dan langgeng? Ini tipsnya – dan ilmiah!

Apakah anda sedang mencari jodoh atau berencana menikah dalam waktu dekat? Atau anda adalah pengantin baru? Atau anda sudah lama menikah? Siapa pun anda, pasti anda ingin menjadi pasangan suami istri yang harmonis dan langgeng. Jangan kuatir. Ini ada tipsnya – dan ada dukungan ilmiahnya.

幸せな結婚を見つけよう

Dalam artikel berjudul “科学的に証明された「生涯パートナーを愛し続けられる8つの方法」” (8 Tips Menjalin Hubungan Pernikahan Harmonis dan Langgeng – Dengan Bukti Ilmiah) disebutkan bahwa memelihara suatu pernikahan bukan suatu hal yang mudah, bagaimana pun besarnya cinta anda berdua. Walaupun mungkin anda telah mendengar bahwa perasaan sayang dan perhatian, kepercayaan, dan juga sex, merupakan hal-hal yang sangat penting untuk menjaga agar hubungan tetap harmonis, namun mungkin anda belum pernah mendengar tips yang dibuktikan secara ilmiah. Inilah delapan tips yang akan membuat pernikahan anda menjadi harmonis dan langgeng:

1. Buat acara pernikahan yang sederhana dan tidak memakan biaya yang besar

Anda mungkin ingin menjadikan acara pernikahan anda semeriah mungkin, karena anda menganggap ini adalah acara sekali seumur hidup. Namun hasil riset di Emory University menyebutkan bahwa pasangan yang menghemat acara pernikahannya cenderung lebih lama hidup bersama dibandingkan mereka yang membuat acara dengan biaya yang mahal.

2. Anda bertemu dengan pasangan anda secara online

Hasil studi yang dipublikasikan dalam “Proceedings of the National Academy of Science” menyebutkan bahwa pasangan yang bertemu secara online memiliki persentase perceraian yang lebih rendah dan merasa lebih puas dengan pernikahannya.

3. Tapi anda tidak hidup dalam media sosial

Tapi bukan berarti selamanya hidup di dalam dunia maya. Studi di Boston University tahun 2014 yang dipublikasikan dalam Computers in Human Behavior menyebutkan bahwa penggunaan Facebook dan media sosial lainnya membawa pada ketidakpuasan dalam pernikahan dan meningkatkan persentase perceraian.

4. Melihat film bersama

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam “Journal of Consulting and Clinical Psychology” disebutkan bahwa pasangan yang biasa melihat film bersama akan tinggal bersama. Ketika peneliti meminta mereka untuk menontoh film bersama dan mengobrol tentang karakter film selama 30 menit, mereka (peneliti) melihat bahwa persentase perceraian berkurang 50%.

5. Memberi respon pada komentar (atau keluhan) dari pasangan anda – walaupun mungkin mengganggu

Menurut psikolog John Gottman, ketika pasangan anda menganggu anda dengan menunjukkan sesuatu yang lucu di Internet ketika anda sedang membaca, pasangan anda tidak hanya ingin menghibur anda tetapi juga ingin mendapat perhatian dari anda. Jika anda dengan spontan menolak dan mengatakan anda sedang sibuk, maka anda akan menyakiti hati pasangan anda.

6. Gunakan kata “kita” ketika berdiskusi bersama

Berdasarkan studi di University of California, Berkeley, pasangan yang menggunakan kata “kita” ketika sedang bertengkar, akan lebih mudah untuk berbaik kembali dengan sedikit tekanan dibandingkan dengan menggunakan kata-kata “saya” atau “kamu”.

7. Jadikan pasangan anda sebagai idola – kagumi pasangan anda

Pada studi yang dilakukan oleh University of Buffalo, peneliti meminta pada 222 pasangan untuk menilai pasangannya masing-masing dan mereka sendiri dalam beberapa karakteristik yang berbeda, beberapa kali selama tiga tahun. Mereka yang “mengidolakan” karakteristik pasangannya cenderung untuk hidup bahagia bersama.

8. Lakukan hal-hal yang anda berdua nikmati

Anda mungkin menganggap bahwa berbagi waktu luang bersama adalah hal yang paling penting. Namun hasil temuan yang dipublikasikan dalam “Journal of Marriage and Family” menyebutkan bahwa, berbagi aktifitas pasangannya yang sebetulnya dia sendiri sangat tidak suka, akan mengurangi kebahagiaan dalam pernikahan. Jika pasangan melakukan kegiatan yang kedua-duanya sukai dan nikmati, maka mereka akan mendapatkan kebahagiaan baik pada waktu melakukan kegiatan tersebut maupun pada pernikahan mereka.

Semoga bermanfaat, dan anda, termasuk saya, bisa memiliki kehidupan pernikahan yang harmonis, dan langgeng.


Sumber inspirasi: “科学的に証明された「生涯パートナーを愛し続けられる8つの方法」“. Sumber gambar: [link] dan [link].

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s