Otak kiri, otak kanan—anda lebih dominan yang mana?

Pernah dengar teori “otak kiri, otak kanan”? Menurut teori tersebut, tiap sisi otak mengatur cara berfikir manusia dengan cara yang berbeda, dan dikatakan bahwa tiap manusia memiliki dominansi otak mana yang lebih berperan dalam berfikir. Misalnya, manusia yang otak kirinya lebih berperan dikatakan berfikir lebih logis, analitik, dan objektif; sedangkan manusia yang otak kanannya lebih berperan dikatakan berfikir lebih intuitif, dengan perasaan, dan subjektif.

Teori tentang otak kiri dan otak kanan ini pertama kali disampaikan oleh Roger W. Sperry yang menerima Nobel Prize tahun 1981. Dalam ilmu psikologi, teori ini berdasarkan pada yang disebut sebagai lateralitas fungsi otak (lateralization of brain function), yaitu “Apakah satu sisi dari otak mengatur suatu fungsi”, “Apakah manusia memiliki dominansi otak kiri atau otak kanan?”. Seperti halnya mitos psikologi lainnya, hal ini juga muncul berdasarkan pengamatan pada otak manusia yang menuai distorsi dan dramatisasi berlebihan. Terlepas dari benar atau salahnya teori tersebut, mari kita coba melakukan beberapa eksperimen. Smiling person Amati gambar muka A dan B di atas. Menurut anda, mana yang menunjukkan muka senang atau tersenyum? Gambar ini digunakan untuk menguji sisi otak mana yang dominan dalam berfikir. Gambar A menunjukkan muka sebelah kanan tersenyum. Sebaliknya Gambar B menunjukkan muka sebelah kiri tersenyum. Dikatakan bahwa manusia menggunakan sisi otak yang berlawanan dari mata yang digunakan untuk melihat. Apa yang terlihat dari mata kiri akan diolah dengan otak kanan. Sebaliknya apa yang terlihat dari mata kanan akan diolah dengan otak kiri. Karena itu, manusia dengan otak kanan yang dominan akan melihat Gambar B tersenyum. Sebaliknya manusia dengan otak kiri yang dominan akan melihat Gambar A tersenyum.

Selanjutnya, lihat video berikut: Left rotated? Right rotated?Bagaimana anda melihat figur itu berputar? Apakah berputar ke kanan (arah jarum jam)? Atau ke kiri? Kalau anda melihat figur berputar ke kanan, maka otak kanan anda yang dominan.

Mari kita lanjutkan dengan eksperimen lain yang bisa anda lakukan sendiri. Joint hands Coba anda gabungkan kedua tangan anda seperti biasa tanpa berfikir panjang—kalau perlu sambil menutup mata. Ingat bagaimana posisi jempol kiri dan kanan anda. Folding arms Lalu selanjutnya silangkan kedua tangan anda di dada—sekali lagi seperti biasa tanpa berfikir kalau perlu sambil menutup mata. Catat bagaimana posisi tangan kiri dan kanan anda. Setelah anda mencatat bagaimana posisi jempol dan tangan anda, lihat tabel berikut untuk mengetahui bagaimana karakter anda. 右脳左脳.001Bagaimana hasi eksperimen ini? Sekali lagi, ini semua adalah hasil observasi. Mungkin berbeda dengan realitanya pada diri anda ^_^


Sumber isi dan gambar:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s